Diberdayakan oleh Blogger.

PENGUMUMAN

Fullstam Kosong

Katuranggan Merpati Tinggian



"Apakah kaidah2 Katuranggan dalam memilih Merpati Tinggian masih bisa diterapkan saat ini..?"

Hal ini menarik dipertanyakan karena :
1. Katuranggan merupakan budaya Indonesia. Tanah Jawa khususnya. Bagaimana dgn model katuranggan di daerah ataupun negara lain tentu memiliki kemiripan (walaupun tidak 100%), cuma berbeda dalam bahasa.
2. Katuranggan adlh catatan peninggalan nenek moyang dari masa lampau. KATURANGGAN menurut saya adalah dari sisi mana kita melihat. Klo kita lihat dr sisi kita sebagai penghoby Merpati Tinggian/peternak Merpati Tinggian maka sisi KATURANGGAN (fisik luarnya )ini akan diperhitungkan karena dengan katuranggan yg baik maka akan meningkatkan nilai jualnya.Klo menurut saya ibaratnya seorang foto model tampilan luarnya semakin bagus maka semakin mahal nilai kontraknya...Tp klo kita liat dr sisi kita sbg orang yg gemar Merpati Tinggian (untuk diadu/lomba ) pasti yg diutamakan adalah kualitas dari segi kinerja, kecerdasan, mental dan karakter bahkan klo yg lebih ekstrim Merpati katuranggan jelek gaya terbang jelek tp selalu juara/ bawa hoki maka bisa dianggap sebagai Merpati yg baik ( menangan )
bagi saya akan lebih senang dengan Merpati yg mempunyai gaya dan fight yg baik ( menurut saya ) sudah itu didukung dengan katuranggan yg baik. Namun sementara saat ini sudah banyak saling silang, cross breeding dgn merpati balap, jawa sungut, racing dll, yg pastinya punya kaidah katuranggan sendiri di masing2 daerah asal tsb, Meskipun memakai Merpati Tinggian embel2 RING dari Farm ternama namun demikian Merpati Tinggian dalam hal ketinggian kebenarannya tetap tinggi, karena ditelaah oleh nenek moyang kita selama ratusan tahun. Cuma kadang itu dijadikan patokan atau jimat bahwa kalau yang seperti itu bakalan begitu tanpa di coba dan di evaluasi lagi. Dengan betambahnya waktu maka pengetahuan juga makin berkembang, diharapkan paham katuranggan menjadi bahan untuk munculnya paham/ilmu pengetahuan yang baru dan yang lebih bisa diaplikasi di jaman sekarang ini.

Posting ini bukan bermaksud mempertanyakan/menyalahkan keyakinan tentang 'mukjizat' katuranggan. Cuma sekedar sharing pendapat saja. SALAM MERPATI TINGGIAN..

FULLSTAM UNTUK OTOT DAN STAMINA MERPATI

Apa yang penting yang menjadi patokan para hobis dalam mengukur kemampuan merpati. Setiap hobis mempunyai standar yang beragam dan berbeda-beda. Mata, warna,bulu,kaki,sayap, pegangan yang pas dan cekelannya empuk dan sebagainya. Semua ini berdasarkan dari hasil pengalaman para hobis yang telah melahirkan berbagai Jagoan yang selama ini diyakini mempunyai kualitas dan trah yang baik. Namun walaupun demikian, trah sendiri memang belum memberikan suatu patokan yang pasti, dimana hal yang juga dapat dijadikan sebagai acuan adalah kerja merpati seberapa cepat stut,akurasi rem dan seberapa ketahanan fisiknya. Akurasi rem dan kecepatan stut pada merpati dipengaruhi dua faktor penting yaitu pertama perbandingan ideal tulangan dan faktor kedua adalah Otot yang berperan penting dalam menentukan kecepatan dan ketepatan disamping faktor-faktor lain.

Otot bekerja dengan cara menarik bukan mendorong. Kerja otot membutuhkan suatu senyawa yang disebut dengan ATP (adenosin triphospate) dan Creatin phospate yang juga berasal dari ATP. Beberapa sumber yang berpengaruh langsung adalah karbohidrat, lemak dan protein yang dioksidasi melalui siklus Kreb dan secara langsung dapat membebaskan ATP yang nantinya digunakan sebagai bahan bakar otot. Selain itu otot juga membutuhkan CALSIUM (Ca) dalam bekerja atau berkontraksi dan relaksasi.Bentuk otot yang baik pada merpati adalah otot yang berserabut halus tanpa perlemakan serta tanpa pembesaran sel otot sendiri. Hal ini untuk mendapatkan akurasi rem yang baik, sehingga otot harus kuat, liat dan lentur. Pada manusia dapat dianalogikan kira-kira sama dengan otot yang dimiliki atlit tinju kelas ringan, karate, maupun bulu tangkis yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan . Banyak hobis yang senang dgn merpati tipikal landing gubrak, padahal akan lebih baik bila merpati memiliki kemampuan akurasi rem dasar dan kecepatan stut, istilah lainnya adalah landing dengan tepat, manggon dan cepat.

Selanjutnya walaupun merpati telah memiliki Otot yang baik faktor lain yang mendukung dan sangat penting adalah Stamina. Stamina merpati tergantung 3 hal penting yaitu Kadar HB, Kemampuan Kerja Jantung, dan Paru-Paru. Untuk membuat HB yang tinggi, merpati harus mendapatkan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang paling penting adalah protein, dan selain itu vitamin dan mineral akan sangat berperan dalam membentuk darah baru. Umumnya merpati di Indonesia hanya mendapatkan pakan utama berupa jagung atau beras merah. Komposisi pakan ini hanya mengandung protein berkisar sebesar 6%-8% . Dalam kondisi kerja dilapangan, merpati akan kesulitan menjaga stamina karena angka kebutuhan protein yang optimal bagi merpati adalah berkisar antara 12%-14%. Untuk hal ini, maka sangat dianjurkan sekali bagi hobis untuk memberikan makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan protein merpati kesayangannya.

Cara lain yang digunakan oleh hobis untuk meningkatkan HB ataupun Stamina adalah memberikan ramuan2 tradisional, akan tetapi pemberian ramuan2 tradisional tidak dapat langsung menghasilkan butir darah baru dengan segera, karena merpati masih membutuhkan protein,vitamin (A,D3,E,K,B1,B2,B6,B12,C) dan mineral-mineral yang sangat penting seperti besi(Fe),CalciumD-Pantothenate,Asam Amino,Na,Zn,Magnesium(Mg),Omega 3 dan tembaga (Cu). Pemberian Fullstam secara rutin akan memberikan hasil yang lebih baik, dan hal ini lebih baik dibandingkan dengan pemberian telur dan madu yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi (kalori tinggi), dan seringnya pemberian telur dan madu hanya akan membuat merpati cenderung menjadi lebih gemuk yang akhirnya dapat mengganggu aktivitas dan gerak merpati saat kerja di lapangan. Fullstam adalah produk sendiri dan tadinya cuma dipakai sendiri yang berkat desakan rekan-rekan hobis pula produk ini saya launching hanya khusus via online saja. Proses pembuatannya pun melalui bahan-bahan alami yang telah di ekstrak dan diolah ke dalam kapsul secara medis jadi sangat aman digunakan setiap minggu 3x ataupun tiap hari untuk merpati tinggian maupun balap sewaktu kondisi kerja maupun mabung, untuk breeding maupun piyikan. Setelah dilakukan test secara kontinyu pada merpati pribadi dan rekan-rekan hobis hingga dipastikan aman dan memberikan hasil yang lebih baik baru saya memberanikan diri untuk launching produk tersebut. Tiap botol berisi 10 kapsul fullstam dengan bandrol harga Rp30.000,00 per botol. Dan untuk rencana launching produk berikutnya yang sedang masa uji coba adalah obat tetes alami untuk meningkatkan kecerdasan piyikan dan obat tetes untuk memberantas penyakit Goam yang sering menyerang merpati-merpati kesayangan para hobis. Alasan utama saya launching produk ini tidak lebih hanya untuk tukar pengalaman, dan saya tegaskan pula bahwa produk ini bukanlah doping yang menyebabkan ketergantungan melainkan kebutuhan yang wajib diberikan kepada merpati kesayangan kita.

Beberapa kelebihan dari tiap kapsul Fullstam meliputi:
1. Membantu membina otot-otot pada merpati
2. Menambah stamina dan tenaga sewaktu di track
3. Menjaga kesehatan dan daya tahan terhadap perubahan suhu serta penyakit
4. Membuat giring lebih keras
5. Mempertinggi fertilitas dan kualitas produksi baik jantan maupun betina
6. Tidak menyebabkan ketergantungan
7. Sangat aman digunakan oleh hewan peliharaan apapun ayam,kucing,anjing,burung dsb
8. Membantu proses pergantian bulu sewaktu mabung.
9. Menambah nafsu makan dan meningkatkan kadar HB serta masih banyak lagi manfaat yang lain.

Proses pemesanan:
Bisa dengan transfer ke rekening BCA kemudian konfirmasi ke no HP 085643531285:
BCA no rek 1220848864
a/n Candrakusuma Wahyutama P

Untuk jumlah pemesanan:
1. Min pack isi 3 botol harga Rp 90.000,00 plus ongkir Rp 20.000,00 bagi yang luar kota.
2. Medium pack isi 10 botol harga Rp 250.000,00 plus ongkir Rp 20.000,00 bagi yang luar kota.
3. Big pack isi 20 botol harga Rp 500.000,00 plus ongkir Rp 20.000,00 bagi yang luar kota.

Faktor lain di dalam meningkatkan dan menguatkan Stamina merpati adalah menjaga kerja jantung dan paru-paru secara maksimal, maka satu-satunya cara adalah memberikan latihan yang rutin dan cukup bagi merpati, dan tanpa adanya disiplin pada latihan, maka stamina merpati akan turun saat kerja.Serta stamina merpati dipengaruhi pula oleh 'panas basal' tubuh, yaitu tingkatan panas normal tubuh merpati. Semakin tinggi panas basal, stamina merpati semakin baik. Hal tersebut dikarenakan kecilnya margin atau selisih antara panas basal dengan panas metabolik yang dihasilkan pada saat merpati terbang. Salah satu cara meningkatkan panas basal adalah dengan menjemur merpati setiap hari.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MERPATI TINGGIAN KOLONG

ROJO BIRD FARM RING ACWAN
INDUKAN PACEK

PARE

PARE
Anak Rajawali x Wewe , Status Induk Produksi, Karakter Atas Pala spesialis jam 12, Stut kenceng dan rapi main bawahnya.

WEWE (Trah MG )

WEWE (Trah MG )
Status Terjual per 10/12/2010 oleh pak JB

LI YEN (Trah Linggis GG)

LI YEN (Trah Linggis GG)
Status Terjual per 10/12/2010 oleh pak JB

Mr.Jack (Trah SG 21)

Mr.Jack (Trah SG 21)
Status Produksi, Karakter 11 dan 12, Stut kenceng, bawah jeblos.

HB +3 (Trah Taruma > CW )

HB +3 (Trah Taruma > CW )
Status: Masih produksi,,Indukan dengan pasangan apapun tetap anakan keluar bagus

HB-3 (Trah MG)

HB-3 (Trah MG)
Indukan Betina, Status masih Produk dan spesialist keluar Kembar Identik.

Followers

 

Copyright © 2009 by Merpati Tinggian

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger