Diberdayakan oleh Blogger.

PENGUMUMAN

Fullstam Kosong

Katuranggan Merpati Tinggian



"Apakah kaidah2 Katuranggan dalam memilih Merpati Tinggian masih bisa diterapkan saat ini..?"

Hal ini menarik dipertanyakan karena :
1. Katuranggan merupakan budaya Indonesia. Tanah Jawa khususnya. Bagaimana dgn model katuranggan di daerah ataupun negara lain tentu memiliki kemiripan (walaupun tidak 100%), cuma berbeda dalam bahasa.
2. Katuranggan adlh catatan peninggalan nenek moyang dari masa lampau. KATURANGGAN menurut saya adalah dari sisi mana kita melihat. Klo kita lihat dr sisi kita sebagai penghoby Merpati Tinggian/peternak Merpati Tinggian maka sisi KATURANGGAN (fisik luarnya )ini akan diperhitungkan karena dengan katuranggan yg baik maka akan meningkatkan nilai jualnya.Klo menurut saya ibaratnya seorang foto model tampilan luarnya semakin bagus maka semakin mahal nilai kontraknya...Tp klo kita liat dr sisi kita sbg orang yg gemar Merpati Tinggian (untuk diadu/lomba ) pasti yg diutamakan adalah kualitas dari segi kinerja, kecerdasan, mental dan karakter bahkan klo yg lebih ekstrim Merpati katuranggan jelek gaya terbang jelek tp selalu juara/ bawa hoki maka bisa dianggap sebagai Merpati yg baik ( menangan )
bagi saya akan lebih senang dengan Merpati yg mempunyai gaya dan fight yg baik ( menurut saya ) sudah itu didukung dengan katuranggan yg baik. Namun sementara saat ini sudah banyak saling silang, cross breeding dgn merpati balap, jawa sungut, racing dll, yg pastinya punya kaidah katuranggan sendiri di masing2 daerah asal tsb, Meskipun memakai Merpati Tinggian embel2 RING dari Farm ternama namun demikian Merpati Tinggian dalam hal ketinggian kebenarannya tetap tinggi, karena ditelaah oleh nenek moyang kita selama ratusan tahun. Cuma kadang itu dijadikan patokan atau jimat bahwa kalau yang seperti itu bakalan begitu tanpa di coba dan di evaluasi lagi. Dengan betambahnya waktu maka pengetahuan juga makin berkembang, diharapkan paham katuranggan menjadi bahan untuk munculnya paham/ilmu pengetahuan yang baru dan yang lebih bisa diaplikasi di jaman sekarang ini.

Posting ini bukan bermaksud mempertanyakan/menyalahkan keyakinan tentang 'mukjizat' katuranggan. Cuma sekedar sharing pendapat saja. SALAM MERPATI TINGGIAN..

Comments :

2 komentar to “Katuranggan Merpati Tinggian”

Anonim mengatakan...
on 

Nice gan infonya, mo tanya2 nih gan q punya merpati dari segi katuranggan y ok bangetlah warna kelabu kucir Ring YAP, q pasangin ma betina dr trah juara tp udah 5 edisi ini kenapa anakan belum ada yg kerjanya keliatan menonjol y gan?mohon saran n masukannya y gan.

prapti yanto mengatakan...
on 

gimana caranya melatih merpati klowong

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 

Copyright © 2009 by Merpati Tinggian

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger