Diberdayakan oleh Blogger.

PENGUMUMAN

Fullstam READY STOK

TAHAP KUNCI MENGETEST BURUNG TINGGIAN BERKELAS &TRAH BERKUALITAS

Anda ingin membeli kucing dalam karung? mudah2an tidak..

TAHAP 1 : Mengetes Kualitas(Kerja) Mata Burung

1. Awal mula arahkan mata pada sinar biasanya akan tjd reaktif pada pupilnya.
2. Lepasan 1 burung nitik dgeber 3/4 sekali jadi (bs pd Cuaca panas jg mendung)
3. Lepasan 2 burung nitik dgeber jam 12 sekali jadi
4. Lepasan 3 burung nitik dgeber jam 1 sekali jadi

TAHAP 2 : Mengetes Kualitas(kerja) Mental Burung dan Otak/Kecerdasan
1. Untuk mengetes mental berikan lawan main dengan burung galak maupun slow, dari situ akan keliatan waktu start burung harus mau tempel/gandeng rapi. Kemudian waktu landing mental burung yang bagus akan terlihat seperti kejar2an stut seakan tidak mau didahuluin ini yang sering bikin merpati saya cedera bahkan mati sewaktu landing karena ketatnya persaingan stut dengan lawan. Sering saya sebut mental jago dan masih banyak lagi cara lain melihat dan mengetes mentalnya.
2. Untuk mengetes kecerdasan coba pindahkan burung ke tempat latih yang berbeda dari situ akan kelihatan bila burung yang cerdas akan lebih cepat menyesuaikan diri dan langsung punya jalur. Berikutnya kemampuan trick fighting, biasanya burung yang cerdas memiliki skill, karakter, style, ciri/sifat khas atau trick fighting tersendiri dan juga berlainan. Misalnya (Cutting Holder/memotong dan menahan stut lawan, Shock Manuver/Kemampuan methil yang mengagetkan lawan, Start Upper/ciri burung untuk gandeng nggantung diatas lawan ini favorit saya karena punya stut dobel dan juga sering bikin drop mental lawan, Single Fighter/Sifat tarung yg melemahkan mental lawan sewaktu mengudara ini biasanya pada ciri burung yang suka ninggal lawan, Shooter 90/sering biasa disebut style Nge-L burung biasanya punya kemampuan methil turun jejeg beberapa meter dari depan landasan baru kemudian tembak lurus kearah geberan dan masih banyak karakter, ciri, sifat baru yang lainnya)

TAHAP 3 : Mengetes Control Burung
1. Untuk mengetes control tenaga bisa diketahui check air shack, semakin tebal air shack merpati akan semakin banyak pula kandungan oksigennya. juga bisa dengan uji reliabilitas burung, lepaskan burung dengan jarak tertentu minimal 9 kali pagi, siang dan sore dari situ burung yang control tenaga bagus akan kelihatan tidak loyo dan terbang tetap/ ajeg ketinggiannya maupun stutnya pada waktu turun(Orang bilang tergantung pd kondisi fisik burung, namun jika kita ingin beli kita juga harus jeli membedakan antara kondisi fisik dengan alasan pemilik burung yg jaim ketika ditest burungnya ternyata jelek).

2. Kemudian biasanya burung yang mempunyai control tenaga bagus akan memiliki control yang bagus juga pada fisiknya misalnya sekenceng apapun stut burung juga harus punya rem2an yang dobel cakram u/ masalah ini harus bisa membedakan antara burung mental jago dengan yg asal gabruk karena pada burung yang mental jago biasanya bila terlalu ketat persaingan stutnya baru gabruk/jeblos lain halnya dengan burung yang asal gabruk biasanya bisa terlihat sewaktu burung terbang sendiri turun malah gabruk.


TAHAP 4 : Mengetes Kualitas Bulu
1. Hal pertama yang mesti dilakukan ialah mencelupkan burung ke dalam ember berisi air, burung yang bagus biasanya sulit sekali untuk basah pada bulunya karena menandakan lapisan lilin pada bulu burung sangat tebal. Fungsi lapisan lilin pada bulu merpati sendiri ialah untuk menjaga keseimbangan tubuh burung ketika terjadi pergesekan dengan angin sewaktu burung turun. Dan juga mampu menetralisir suhu udara.


Demikian sedikit pemaparan dari saya, meski sebenarnya masih banyak beberapa spekulasi untuk mengetes burung seperti pada kualitas Stut, Sayap, Nafas, Otot dll. Pada dasarnya memilih merpati hanyalah sebatas menyesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, mudah-mudahan jangan ditiru bagi yang ingin membeli burung ditempat peternak yg belum dikenal dengan cara ditest. Sebab pengalaman banyak pemilik/peternak burung yang komplain dengan rincian system test yang saya ajukan sebelum saya beli. Mungkin lebih bagus lagi kalau merpati kita sendiri saja yang ditest untuk menyortir yang paling bagus. Sebagai catatan sebenarnya burung baik bukan hanya dari segi pegangan dan trah melainkan kita sebagai pemilik yang mampu menyayangi, merawat dan melatih merpati kita dengan baik pula. Terima kasih!!!!

Comments :

11 komentar to “TAHAP KUNCI MENGETEST BURUNG TINGGIAN BERKELAS &TRAH BERKUALITAS”

hendra mengatakan...
on 

maaf pak Bagus salam kenal,saya Hendra dari bandung mas saya tertarik dgn piyikan2x nya kalo boleh tahu berapa harganya saya tertarik untuk melatih piyikan terima kasih . . .

Bagus.Com mengatakan...
on 

Salam kenal juga pak Hendra,bisa tinggalkan no HP yg bisa saya hubungin Pak?

Unknown mengatakan...
on 

boleh juga postinganya

Unknown mengatakan...
on 

Kenal'kan saya donny pak,Pak bagus saya mau tanya kalo merpati yg dada'nya jegong2 itu kira2 kuat gaa yaaa buat naik tinggi dan turun kenceng...klo liat turun'nya di jarak 400meter memang kenceng sekali...tapi saya belum pernah liat terbang tinggi'nya dan belum pernah liat terbang dijarak jauh...takut burung'nya hilang pak...terima kasih.

Kms muhamad mengatakan...
on 

Hub: 082375549170/08998202378 minat burung tinggian yg memiliki double sthurt bagus

PRAPATAN KEMIRI mengatakan...
on 

Ngapunten pak, nopo Cong wa niku ingkang alamate teng kutoarjo, tepate teng semawung. Kulo sering mireng, tapi kulo ngertose koh wa...? Kesuwun...

PRAPATAN KEMIRI mengatakan...
on 

Ngapunten pak, nopo Cong wa niku ingkang alamate teng kutoarjo, tepate teng semawung. Kulo sering mireng, tapi kulo ngertose koh wa...? Kesuwun...

Unknown mengatakan...
on 

Pengen tuku tak gowo ng jombang, cilikanku senengane doro ngasi ra iling wektu.. dolanan doro ng sibak sindurjan

Unknown mengatakan...
on 

Pengen tuku tak gowo ng jombang, cilikanku senengane doro ngasi ra iling wektu.. dolanan doro ng sibak sindurjan

Ciri Merpati Tinggian mengatakan...
on 

Mas, saya mau nanya. Gimana cara agar burung merpati mau terbang tinggi.

hery susanto mengatakan...
on 

Biar mau turun sekali jadi gimana ya mas

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 

Copyright © 2009 by Merpati Tinggian

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger